Kamis, 08 November 2012

VGA (Video Graphics Accelerator)

VGA adalah sebuah piranti / perangkat keras (hardware) dalam komputer, yang berfungsi sebagai pengolah gambar / grafis, yang nantinya akan di tampilkan pada layar monitor. VGA itu sendiri ada yang bertipe On Board, dan Dedicated. Maksudnya, ada jenis VGA yang sudah jadi satu kesatuan dalam Motherboard, dan ada juga VGA yang tidak jadi satu dalam Motherboard.

Pada jaman masa kini, teknologi berkembang sangat pesat. Begitupun juga proses perkembangan teknologi pada VGA. Banyak sekali jenis dan versi dari setiap VGA yang ada, jika di telusuri ada lebih dari 100 jenis VGA hingga tahun ini. 2 Perusahaan besar yang membuat VGA. Yaitu ATI dan NVIDIA. Mereka sama-sama bersaing ketat dalam hal perkembangan teknologi, fasilitas yang di sediakan pada produk-produk mereka, keunggulan dan manfaat serta kegunaan VGA dalam jangka waktu yang panjang.

Dahulu kala, VGA masih belum banyak di gunakan. Karena pada waktu itu penggunaan komputer masih sangat minim, dan bagi mereka (Pengguna Komputer) VGA tidak terlalu di butuhkan. Tetapi pada saat ini, VGA sangat di butuhkan terutama dalam hal Grafis. Implementasinya berawal dari Video Game. Kualitas Video Game pada jaman sekarang sudah sangat canggih dan sempurna, hampir menyerupai realita aslinya. Untuk itu, di butuhkan juga VGA yang berkualitas tinggi. Semakin tinggi kualitas dari VGA tersebut, semakin bagus juga hasil Grafis yang di tampilkan. Contoh : Game Crysis 2. Grafis yang di miliki oleh game tersebut sungguh realistis.

Kemudian Impelementasi yang berikutnya adalah untuk Video Animasi 3D. Sudah banyak Film-film layar lebar yang pada dasarnya adalah Animasi 3D, bukan layaknya aktor dan aktris berakting dalam film tersebut. Dalam pembuatan dan penelitiannya, mereka juga menggunakan teknologi VGA. Tanpa adanya teknologi itu, mungkin film-film Animasi 3D seperti Transformer, Legends of the Guardian, MIB, dll tidak akan pernah muncul di dunia ini.

Banyak sekali kegunaan dan manfaat VGA pada komputer, tetapi itu semua juga tergantung dari kebutuhan dari masing-masing pengguna.
Berbagai macam VGA sudah di sediakan, dan kapasitasnya sudah di tentukan untuk berbagai kebutuhan. Tinggal kita para pengguna komputer harus pandai memilih-milih jenis VGA apa yang cocok dengan kebutuhan kita. Jangan sampai kita beli VGA yang sangat bagus, sangat mahal, butuh listrik yang cukup besar
, tetapi tidak kita gunakan semaksimal mungkin. Tidak efisien.

Sekian ulasan dari saya mengenai VGA, semoga bermanfaat bagi kita semua.

1 komentar: