Kamis, 08 November 2012

Cara menghitung kecepatan VGA

Seperti yang sudah saya bahas sebelumnya, VGA adalah piranti yang sangat penting bagi Komputer. Karena VGA adalah salah satu media output yang ditujukan agar kita bisa melihat hasil dari proses kerja sama antara komponen-komponen komputer. Namun, piranti VGA juga sangat penting dalam bidang grafis dan gamingJika kita berbicara soal grafis dan gaming, pasti kalian sudah tidak asing lagi dengan yang namanya berapa -BIT yang dimiliki oleh sebuah VGA, kemudian berapa ukuran memory RAM yang dimiliki oleh VGA tersebut (VRAM). Jumlah -BIT pada VGA sangat berperan dalam kecepatan VGA, karena jika di umpamakan -BIT pada VGA adalah seperti sebuah lebar jalan raya yang selalu di padati pengguna jalan. Entah itu motor, mobil atau pejalan kaki. Dan jalan itu akan macet bila jalan nya kurang lebar.

Jika semakin banyak jumlah -BIT yang di miliki oleh suatu VGA, maka semakin lebar pula jalur data yang dimiliki. Hal tersebut akan berimbas pada kecepatan dari VGA dalam memproses suatu data. Namun, kebanyakan orang telah salah dalam mendefinisikan kecepatan VGA yang selalu terpatok pada RAM yang dimiliki VGA tersebut (VRAM). Mereka selalu beranggapan bahwa VGA yang VRAM nya besar, mendefinisikan bahwa VGA tersebut lebih bagus dari yang VRAM nya lebih kecil. Padahal anggapan tersebut belum tentu benar. Kenapa demikian?

Supaya tidak bingung, akan saya jelaskan bagai mana cara menentukan kecepatan pada sebuah VGA. Misalkan, ada 2 buah VGA yang memiliki spesifikasi sebagai berikut:

-VGA 1 = DDR3 1GB 64-BIT.
-VGA 2 = DDR3 512MB 128-BIT.
 
Kedua VGA tersebut memiliki tipe DDR yang sama. Kemudian, jika kita hitung dengan  menggunakan rumus akan terlihat hasilnya sebagai berikut:
 
-VGA1 = 64 x 2000MhZ : 8 = 16000 = 16GB/s.
-VGA2 = 128 x 2000Mhz : 8 = 32000 = 32GB/s.
 
Rumusnya adalah nilai BIT VGA di kalikan dengan tipe DDR nya, kemudian hasilnya di bagi 8. Di situ tertulis, bahwa VGA yang ke-2 mempunyai nilai akhir yang lebih besar. Berarti VGA yang ke-2 jauh lebih cepat prosesnya dibandingkan dengan VGA yang ke-1. Sebagai catatan, angka 2000Mhz adalah angka memory clock pada RAM VGA tersebut. Sedangkan jenis RAM ada banyak DDR, DDR1, DDR2, DDR3 , DDR4 , DDR5 dan GDDR5. Maka di setiap jenis RAM tersebut memiliki memory clock tersendiri.
 
Lalu, apa gunanya beli VGA yang VRAM yang besar, pada akhirnya tidak terlalu berpengaruh. Sebenarnya VRAM dalam VGA juga berpengaruh, tapi tidak terlalu signifikan. Karena memory RAM pada VGA akan berdampak pada resolusi monitor yang kita gunakan. Kalau kita memakai monitor yang beresolusi tinggi, di anjurkan untuk memakai VGA yang VRAM nya tinggi, agar sesuai dengan resolusi monitor kita.

Sekian, semoga dapat membantu.

1 komentar:

  1. copy PASTE gak ijin sama yang nulis artikel,,, ini PEMBAJAKAN !! namanya
    tolong sertakan LINK asal artikel di ATAS!

    BalasHapus