Jumat, 12 Oktober 2012

Situs Jejaring Sosial

     Jaman sekarang ini, sangatlah mudah untuk mencari suatu informasi yang kita inginkan. Hanya ber-modal HP saja, kita sudah bisa menjelajah ke dunia maya (Internet). Hampir seluruh informasi yang ingin kita cari tersedia di Internet. Bahkan, kita pun juga bisa berniaga lewat Internet. Hal yang lainnya, kita bisa membahas sesuatu yang kita suka melalui Internet. Tersedia sarana seperti situs jejaring sosial, atau forum-forum besar untuk diskusi.

     Mengenai keberadaan situs jejaring sosial, seperti contohnya adalah Facebook & Twitter. Bagi generasi muda jaman sekarang, siapa sih yang tidak tau Facebook? Facebook adalah salah satu situs jejaring sosial yang melayani kita (user) untuk bisa berinteraksi dengan orang lain yang berada di seluruh dunia. Sarana yang di sediakan oleh Facebook juga cukup membuat para User menjadi ketagihan, seperti sarana Album Foto, penyimpanan Dokumen atau File, tulisan Puisi atau Jurnal, dan lain sebagainya.

     Dampak positifnya, kita bisa memberi informasi tentang apa yang kita punya, memberi informasi tentang apa yang sedang kita lakukan, sehingga orang-orang di luar sana bisa tahu tentang kita. Menuliskan kata-kata seperti dakwah, atau nasihat, atau lainnya yang cukup bermanfaat.
 
     Dampak negatifnya adalah, kita akan menjadi ketergantungan oleh Facebook. Seolah-olah, Facebook sudah menjadi bagian dari kehidupan kita. Bagi para generasi muda jaman sekarang, kenyataannya memang seperti itu bukan? Bagaimana rasanya sehari, 2 hari, 1 minggu, 1 bulan tanpa membuka Facebook? Di sisi lain juga bisa di salah gunakan untuk mencari informasi yang sangat penting atau sangat rahasia. Berusaha membuka akun orang lain demi mendapatkan informasi yang di cari, penyalah gunaan akun sebagai sarana penjualan secara ilegal, atau penyalah gunaan grup sebagai ajang tontonan "Sex" secara vulgar dan bebas.

     Maka dari itu, manfaatkan lah sarana yang ada sebaik mungkin. Hampir semua informasi yang kita cari tersedia di Internet. Jika kita mencari sesuatu dengan tujuan yang baik, hasil baik pula yang akan kita dapatkan. Jika kita mencari sesuatu dengan tujuan yang buruk, hasil yang di dapatkan akan setimpal dengan tujuannya. Berpikirlah sebelum kita memilih dan menggunakan sarana tersebut.

2 komentar: